Kroasia Melaju ke Final Piala Dunia 2018 Usai Menaklukan Inggris

Pada pertandingan semifinal di pentas Piala Dunia 2018 ini, Kroasia berhasil menaklukan Inggris dengan skor 2-1 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dini hari WIB. Selama pertandingan berjalan, Kualitas permainan Kroasia jauh lebih baik ketimbang tim Inggris.

Setelah mengalahkan Inggris, Kroasia akan melaju ke final dan menantang Prancis untuk memperebutkan gelar juara Piala Dunia 2018 yang akan dilangsungkan pada, Minggu (15/7) pada pukul 22.00 WIB. Sementara itu, untuk memperebutkan gelar juara ketiga akan mempertemukan Belgia dan Inggris yang akan digelar pada Sabtu (14/7) pada pukul 21.00 WIB.

Perjalanan Kroasia Menuju Final

Pertandingan Kroasia Vs Inggris

Perjalanan Kroasia sebelum memasuki fase final tentunya tidak berjalan dengan mudah. Dimulai dari babak 16 besar menghadapi Denmark yang diakhiri dengan adu penalti sama seperti melawan Rusia di perempat final yang ditentukan melalui adu penalti. Di babak semifinal, Kroasia mendapatkan tantangan yang berat dengan menghadapi Inggris di babak semifinal.

Pertandingan menghadapi Inggris berjalan begitu sengit, Kroasia harus tertinggal lebih dulu melalui tendangan free kick yang dilakukan oleh Kieran Trippier di menit ke-5. Skor 0-1 untuk keunggulan Inggris sementara bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Kroasia mengambil taktik lebih menyerang, Inggris sendiri mendapatkan serangan bertubi-tubi yang dilancarkan para pemain Kroasia. Namun Inggris sendiri tidak mau kalah, Inggris juga melakukan tekanan terhadap Kroasia. Akan tetapi Inggris malah harus kebobolan pada menit ke-68 melalui umpan lambung yang mengarah ke depan gawang dan langsung disambar Ivan Perisic yang tak mampu dihalau penjaga gawang Inggris, Jordan Pickford. Skor 1-1 bertahan hingga berakhirnya babak ke-2.

Kemudian pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan, di menit ke-99 Inggris mendapat peluang bagus, namun peluang itu masih bisa dihentikan oleh pemain Kroasia. Pada menit ke-105 giliran Kroasia yang memiliki peluang bagus melalui sepakan Mario Mandzukic yang masih bisa dihalau Pickford. memasuki menit ke-109 Mandzukic berhasil membobol gawang Inggris dengan memanfaatkan umpan sundulan dari Ivan Perisic. Skor 2-1 untuk keunggulan Kroasia bertahan hingga babak ke-2 perpanjangan waktu berakhir.

Dengan kemenangan ini, Kroasia akan menjalani partai final menghadapi Perancis yang akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7) pukul 22.00 WIB.

Susunan Pemain

Kroasia 4-2-3-1: Danijel Subasic, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Sime Vrsaljko, Ivan Strinic (Josip Pivaric 95′), Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic, Luka Modric (Milan Badelj 119′), Ante Rebic (Andre Kramaric 101′), Ivan Perisic, Mario Mandzukic (Vedran Corluka 115′).

Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris 3-5-2: Jordan Pickford, John Stones, Harry Maguire, Kyle Walker (Jamie Vardy 112′). Jordan Henderson (Eric Dier 97′), Dele Alli, Jesse Lingard, Ashley Young (Danny Rose 91′), Kieran Trippier, Raheem Sterling (Marcus Rashford 74′), Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

Author: alex