Timnas Indonesia U-19 Harus Mengakui Keunggulan dari Timnas Thailand

Pada babak penyisihan grup di Piala AFF U-19 timnas Indonesia terbilang tampil baik. Namun pada saat pertandingan menghadapi Thailand, Indonesia harus mengakui keunggulan dari tim lawan dengan skor 1-2 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7).

Timnas Indonesia harus tertinggal terlebih dahulu melalui gol yang di cetak oleh Matee Sarakum di menit 41′ dan 50′. Namun, sangat disayangkan timnas Indonesia hanya mampu membalas satu gol saja melalui sepakan keras dari Rifad Marasabessy pada menit ke-84.

Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19, menegaskan jika timnya tidak gagal usai mengalami kekalahan dari Thailand. Lantaran, tim yang diasuhnya sudah memastikan diri untuk melaju ke babak semifinal setelah berhasil mengalahkan Vietnam pada pertandingan keempat (7/7).

“Kebanyakan pemain muda jika sudah mengetahui lolos ke babak selanjutnya, maka akan bermain dengan nyaman. Namun akan tergerak bila mengalami kebobolan. Kami menjalani setiap pertandingan dengan drama yang berbeda- beda. Nmaun ini akan menjadi sebuah pengalaman untuk kami ke depannya,” ungkap pelatih yang berasal dari Sumatra Barat tersebut.

Tampil Impresif

Timnas Indonesia U-19 dan Timnas U-19 Thailand Berebut Bola

Selama pertandingan berlangsung, kedua tim bermain dengan begitu impresif. jual beli serangan dilakukan kedua tim sehingga pertandingan berjalan semakin seru dan sengit. Di babak pertama Indonesia mendapat tekanan bertubi-tubi oleh para pemain Thailand dan serangan Thailand pun membuahkan hasil pada menit ke-41 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Matee Sarakum. Skor 0-1 untuk keunggulan
Thailand bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, justru timnas Indonesia malah mengalami kebobolan lagi pada menit ke-51 melalui sontekan Matee Sarakum yang berhasil memanfaatkan umpan dari rekan setimnya. Setelah tertinggal 0-2, timnas Indonesia mengambil strategi untuk lebih menyerang. AKan tetapi kokohnya lini pertahanan Thailand membuat para pemain Indonesia merasa kesulitan.

Pada menit ke-68, Saddil sempat memberikan ancaman melalui sepakan kaki kirinya. Akan tetapi, tendangan itu masih bisa diamankan oleh kiper Thailand.

Timnas Indonesia semakin melancarkan serangan bertubi-tubi hingga tendangan melambung yang dilepaskan Witan sulaeman yang masih mengarah di atas gawang Thailand. Di menit 84′ Muhammad Rifad Marasabessy sukses membobol gawang Thailand untuk memecah kebuntuhan. pada gol tersebut, Rifad Marasabessy berhasil memanfaatkan dengan baik tendangan muntah yang disepakan Todd Rivaldo Ferre yang masih mengenai mistar gawang. Skor sementara 1-2 untuk keunggulan Thailand.

Pertandingan berjalan semakin memanas setelah Indonesia berhasil memecahkan kebuntuhan. Indonesia terus menerus memberikan tekanan di sisa waktu yang masih ada. Pada penghujung pertandingan, Todd mendapatkan kesempatan bagus, namun tendangannya masih bisa dihentikan oleh penjaga gawang Thailand, Nopphon.

Hingga peluit babak kedua berbunyi skor 1-2 tetap bertahan dan Indonesia harus mengakui kekalahannya dari timnas Thailand.

Susunan Pemain

Indonesia U-19: Muchamad Aqil Savik, Nurhidayat, Kadek Raditya, Muhammad Rifad Marasabessy, David Rumakiek, Syahrian Abimanyu, Muhamad Luthfi Kamal, Saddil Ramdani, Todd Rivaldo Ferre, Aji Kusuma, Hanis Saghara Putra.

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-19: Nopphon Lakhonphon, Nakin wsechat, Sampan Kesi, Kittach Pranithi, Nattawut Chootiwat, Anusak Jaiphet, Kritsana Daokraja, Sittichok Paso, Thirapak Prueangna, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta.

Pelatih: Ithsara Sritharo

Author: alex